7 Solusi Mengatasi Kebuntuan Ide Saat Menulis Artikel Blog

Kebuntuan ide adalah penyakit klasik yang sangat mungkin dialami oleh seorang penulis —dalam hal ini, seorang blogger— . Bukan hanya kehilangan ide untuk ditulis, kebuntuan mungkin saja menyerang saat anda tengah menulis sebuah draft posting ketika tiba-tiba anda kehilangan ide untuk menyusun hanya sekedar beberapa paragraf penutup. Hal tersebut sangat sering saya alami. Mungkin pengalaman saya yang saya susun dalam posting kali ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang tengah mencari solusi mengatasi kebuntuan ide dalam menulis artikel.

Mengatasi kebuntuan ide tulisan


  • Mulailah hal baru
Salah satu masalah bagi blogger yang mengkhususkan blog nya untuk niche tertentu adalah kehabisan ide untuk ditulis, saya rasa tidak perlu memaksa diri untuk menambah koleksi artikel di blog anda tersebut jika anda mengalaminya, mencoba sebuah tema baru mungkin dapat menyegarkan pikiran anda..
Seperti kita tahu, blogger tidak membatasi berapa blog yang bisa kita buat dalam satu akun e-mail, cobalah membuat blog baru dengan tema baru untuk sekedar mencari suasana baru, siapa tahu blog baru tersebut dapat kita publish suatu saat nanti, dan siapa yang dapat meramalkan dari blog mana ternyata tulisan kita akan dikenal luas suatu saat nanti. Silahkan anda baca jenis-jenis artikel yang membuat blog anda populer.

  • Buatlah blog personal
Tekanan untuk selalu update berkala atau rasa takut kehilangan kunjungan dari pengunjung setia blog dan search engine traffic yang berimbas pada penurunan alexa rank bukan tidak mungkin membuat sebagian blogger merasa stress dalam me-manage blog yang mereka miliki.
Sebenarnya, mengurus blog sama sekali bukanlah beban, anda tidak pernah benar-benar mempunyai deadline untuk menulis artikel, sangat banyak blogger yang melaporkan justru pada saat blog mereka ditinggal beberapa saat, traffic kunjungan tiba-tiba meningkat.
Jika anda orang yang sangat gemar menulis, cobalah tuliskan kebuntuan yang anda alami, tekanan yang anda rasakan tersebut dalam blog pribadi, bukankah itu adalah sebuah ide segar yang dapat anda tulis? dan jangan lupa jika banyak sekali blogger yang menjadi terkenal karena personal blog yang mereka miliki.

  • Lupakan struktur artikel
Ada beberapa blogger yang percaya jika menulis artikel haruslah tersusun seperti halnya menulis sebuah buku, sehingga ketika muncul sebuah ide baru untuk ditulis, mereka akan menundanya karena tengah berusaha menyelesaikan topik tertentu. Ide untuk tulisan tidak datang setiap saat, tulislah apa yang bisa anda tulis pada saat sebuah ide muncul, lupakan sejenak mengenai susunan artikel, bukankah blogger memberikan fasilitas posting terjadwal jika nantinya anda menginginkan artikel anda tersusun rapih saat pengunjung membuka daftar isi atau archive di blog anda ?

  • Simpan sebagai draft
Jika anda tengah menulis sebuah posting kemudian mengalami proses kebuntuan sebelum posting itu selesai dan dapat anda publish, simpanlah sebagai draft, jangan memaksakan diri. Jika pikiran anda telah segar dan mood menulis anda telah kembali, artikel yang anda simpan sebagai draft dapat anda lanjutkan kemudian.
Hal ini juga berlaku juga jika anda tiba-tiba menemukan ide baru saat tengah menyusun sebuah posting. Hal tersebut sangat sering saya alami, tiba-tiba saja saya mendapat ide untuk menulis mengenai sebuah permasalahan lain saat saya tengah menulis sebuah posting, yang akan saya lakukan adalah segera mungkin membuka post editor di tab baru, menulis dan menyimpannya sebagai sebuah draft. Sebuah ide adalah barang mahal yang tidak bisa kita prediksi kedatangannya.

  • Faktor Emosi
Unsur emosional atau mood seringkali menjadi masalah saat anda menulis. Ide untuk tulisan sering kali mengalir lebih baik saat pikiran sedang tenang. Sediakan waktu sejenak untuk sekedar bersantai dan tidak memaksakan diri, mendengarkan musik favorit anda mungkin bisa menjadi pilihan untuk mengembalikan mood anda.

  • Blog walking
Mengurangi kebiasaan fast reading untuk hanya sekedar berkomentar di artikel terbaru dan hanya sekedar meninggalkan backlink atau menambah link in alexa saat anda melakukan blog walking juga dapat membantu anda menemukan sebuah ide baru. Kunjungi beberapa blog yang anda rasa memiliki tulisan yang baik, baca-baca artikel yang sudah di publish dalam blog tersebut, dengan begitu dimungkinkan anda akan  merasa tertantang untuk membuat atau mengembangkan ide dari artikel yang tengah anda baca.

  • Buka koleksi komentar
Seorang blogger sangat merindukan artikelnya dikomentari, namun setelah mendapat komentar, komentar yang pengunjung berikan kadang kali kita lupakan dan seakan tidak berarti, coba buka kembali list komentar yang telah masuk ke blog kita, adakah pengunjung yang menanyakan mengenai topik tertentu? dari komentar-komentar pengunjung tersebut sangat dimungkinkan kita temukan sebuah ide untuk ditulis.

Mengatasi masalah hilangnya ide untuk ditulis


Percayalah, setiap masalah yang anda alami sebagai seorang blogger pasti dialami oleh blogger lainnya, jika anda pernah mengalami kebuntuan ide dan menemukan solusi sebagai jalan keluarnya, berbagilah dengan pengunjung anda. Atau jika anda tidak mempunyai waktu untuk menulis sebuah artikel, berbagi dengan pengunjung blog ini mungkin bisa menjadi manfaat untuk kita bersama.
Silahkan, tambahkan cara anda mengatasi kebuntuan ide dalam menulis melalui kotak komentar yang saya sediakan, setiap tambahan dari anda akan menjadi sebuah tambahan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, selamat berkomentar.

al ghifari
Artikel 7 Solusi Mengatasi Kebuntuan Ide Saat Menulis Artikel Blog ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

20 comments

1/27/2013 03:46:00 PM

Persis masalah seperti itu yang saya sedang alami.Tapi membaca artikel ini saya semakin lebih tau.

1/27/2013 05:08:00 PM

makasih gan, sharenya sangat bermanfaat, memang kadang saya juga bingung mau nulis apa

1/27/2013 05:43:00 PM

@Mas AndyTentunya sama persis juga dengan masalah yang sering saya alami Mas Andy, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.
Terima kasih atas komentarnya.

1/27/2013 05:45:00 PM

@Video Tutorial LengkapSatu solusi yang saya pelajari saat mengunjungi blog Mas Edi adalah saat terjadi kebuntuan ide dalam menulis artikel, bisa beralih menggunakan video tutorial, seperti di blog anda, hehe..
Terima kasih atas komentarnya.

1/28/2013 06:01:00 AM

informasi yang bagus teman

1/28/2013 10:49:00 AM

kalo aku sih nulis apa adanya ahahah.

1/28/2013 03:43:00 PM

@Arluva StoryAlhamdulillah Mba, semoga bermanfaat.
Terima kasih atas komentarnya.

1/28/2013 03:45:00 PM

@MizTiayang penting jujur, ga dibuat-buat dan original, ya kan MizTia?hehe..
terima kasih komentarnya.

1/28/2013 06:33:00 PM

Kunjungan perdana sobat :) sambil baca2
Visit n koment back y dblogq :)
Skalian follow blogq y nanti ak folback

1/28/2013 06:43:00 PM

@Achsan MassiveBjn Selamat datang mas Achsan, semoga tidak menjadi kunjungan terakhir.
Pasti saya kunjungi blog nya, dan terima kasih atas komentarnya.

1/28/2013 07:44:00 PM

lupakan struktur dan faktor emosi,hal yang berpengaruh pda saya.Ketika saya menulis,apa yang ada dalam pikiran saya,saya ungkapkan semuanya ...wkwkwk....

1/28/2013 09:01:00 PM

@Sudirman Dcaesga Asmajawa KatonBagaskara Sip, yang pasti menulis artikel bukan beban kan mas Sudirman?

Terima kasih atas komentarnya.

2/01/2013 05:12:00 PM

salam balik !
sekedar masukan...
dengan belajar copywriting anda akan menemukan ide dan topik yang lebih kaya. Sebab copywriting ada di mana-mana bahkan apa yang ada di depan anda saat ini. Solusi terbaiknya jika anda kehilangan ide tulisan anda amati kejadian di hari ini dan kaitkan dengan topik anda dengan cerita sebagai pendekatannya.

Semoga bermanfaat !

2/01/2013 07:00:00 PM

@Anas ManusiaKomentar terbaik yang pernah saya temukan, terima kasih mas Anas. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan sebagai seorang copywritter, kebanyakan bahkan lebih puas hanya menjadi seorang blogger, tapi ya, saya sangat setuju, menjadi seorang copywritter membuat seorang penulis tidak akan pernah mengalami mind block.

2/03/2013 08:58:00 PM

hmm agan mantab abis dalam menebak permasalahan yg dialami para blogger itu lah yg membuat blog sobat ghiffary menarik. dan mengenai postx setuju banget justru itu jg salah satu problem yg gua alami post anda kali ini menyadarkan gua kalau blog itu mungkin akan lbh baik jika gak kaku membahas satu topik yg itu-itu saja atau gua bikin blog baru saja satux membahas english dan yg lainx membahas segala info bebas yg lagi banyak di cari. Gimana menurut anda???

2/04/2013 12:20:00 AM

@kunio Diablo Mungkin karena masalah yang dihadapi oleh narablog tersebut juga masalah yang saya alami sahabat Kunio,hehe..
Mengenai topik atau niche blog tentunya tergantung pada tujuan masing-masing blogger itu sendiri.
sedikit bocoran, saya mengkhususkan blog ini sebagai blog panduan dan tutorial blogging, namun diluar blog ini, saya memiliki beberapa blog lain yang membahas permasalahan umum, belajar bahasa Jepang, dan bahkan juga personal blog yang isinya curhatan-curhatan lebay,hehe..
Tentunya memiliki banyak blog juga memberikan masalah dan tuntutan waktu lebih untuk mengembangkan semua blog itu bersamaan, namun di sisi lain juga memiliki keuntungan seperti yang saya tuliskan di posting di atas, membuat kita tidak pernah mati ide, hehe..
Terima kasih komentarnya sahabat Kunio

2/04/2013 08:42:00 PM

Sip gan..
Bermanfaat banget..

2/05/2013 12:20:00 AM

@RomliAlhamdulillah, terima kasih komentarnya sahabat Romli.

2/12/2013 05:05:00 PM

Saya pernah baca sebuah artikel tentang copy paste, dimana secara psikologis dapat mengurangi kejenuhan posting artikel di blog kita sendiri. Tentunya artikel yang kita copas tersebut tidak asal, tapi emang topiknya menarik untuk disimak, atau benar-benar kita anggap perlu.

Dalam artikel tersebut caranya dengan mengetik ulang serta dengan gaya bahasa sendiri terutama paragraf2 awal dan akhir, serta ada beberapa teknik copas blog,tapi tetap menjunjung tinggi nilai keilmiahan si penulis asli dengan melampirkan link sumber si penulis..

Gimana itu menurut mas?

2/12/2013 05:42:00 PM

@blog bandaro mengenai hal tersebut sebenarnya saya sudah pernah menulis di http://theseoart.blogspot.com/2013/01/trik-copy-paste.html
hanya mungkin tulisan tersebut ditujukan untuk artikel tutorial dan dikerjakan dengan sedikit asal-asalan (reaksi emosi artikel di copy paste) hehe...
Jika boleh berpendapat, sebenarnya untuk artikel bertema tekhnis tidak ada hak cipta, jika dibagikan untuk tujuan kebaikan, hal tersebut sah-sah saja, baik melampirkan sumbernya maupun tidak (kembali pada pertimbangan masing-masing), seperti contohnya cara membuat blog, cara membuat posting blog, dan sebagainya, karena pastinya tutorialnya sama, yang menjadi masalah adalah jika sebuah artikel diambil seluruh kata demi kata (100%), mas sendiri pasti merasakan bagaimana nikmatnya menyusun kalimat demi kalimat, memikirkan kalimat yang akan ditulis agar artikel mengalir dan nyaman untuk dibaca, merasakan sedikit kesulitan, dan akhirnya kepuasan yang teramat sangat setelah berhasil membuat sebuah artikel utuh, lalu tiba-tiba hasil karya kita itu di comot sembarangan (di klaim) tanpa ijin, hehe..
jadi, copas (dalam hal ini meng-copy dan mem-paste) sama sekali bukan hal yang diperbolehkan, yang boleh adalah mengambil ide, dan mengembangkannya, hehe..
terima kasih komentarnya.

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO