SEO Friendly Blog Template, Haruskah Minimalis?

seo
SEO Friendly template, anda mungkin sering mendengar kalimat tersebut, atau sudah anda gunakan pada blog anda untuk mengganti tema bawaan Blogger ™.
Setelah menggunakan template blog seo friendly, mungkin anda merasa sudah mengoptimasi blog anda, namun tahukah anda mengapa sebuah template dapat dikatakan bersahabat dengan mesin pencari seperti Google & Yahoo misalnya?


Sebelumnya, mari kita kesampingkan terlebih dahulu mengenai fitur blog seperti breadcrumb, artikel terkait, meta tag, dan sebagainya. Hal hal tersebut memang sebuah standar kelayakan bagi sebuah blog untuk meng-optimasi blognya di mata mesin pencari, namun itu biar kita bahas di artikel selanjutnya, melalui post kali ini saya ingin mengajak anda lebih dahulu membahas tentang dasar sebuah template, yaitu desain.

Template Minimalis


Jika kita melihat lihat template yang katanya seo friendly tersebut, kebanyakan ternyata memiliki tema yang sama, -minimalis- sebagian besar hanya memiliki 2 warna . Lalu apakah untuk mengoptimasi seo harus selalu minimalis? Jawabannya bisa ya dan bisa juga tidak, yang harus kita perhatikan adalah tujuan penggunaan tema minimalis tersebut.

Kenapa Harus Minimalis ?



Keuntungan menggunakan template minimalis adalah mengurangi beban loading blog dikarenakan widget atau script yang sebenarnya tidak diperlukan sama sekali, hal ini sangat berpengaruh bagi visitor blog anda, anda pun pasti merasa kesal jika membuka sebuah blog dengan waktu tampil halaman yang lama, atau membuat CPU usage PC anda melonjak naik karena widget animasi dan lainnya yang terpasang di blog tersebut, dan yang akan anda lakukan adalah menutub tab blog tersebut secepatnya, hal tersebut tentunya memiliki pengaruh besar dalam penilaian sebuah blog di mata search engine, namun bagaimana dengan blog dengan niche desain grafis atau tutorial seperti tutorial photoshop misalnya, yang pastinya penuh dengan gambar atau animasi? apakah harus mengorbankan sisi artistik dari sebuah template?

Tentu hal tersebut tidak mungkin dilakukan, sangat tidak mungkin membuat blog dengan niche tutorial tanpa gambar, kalaupun ada, tentunya sangat tidak menunjang atau bahkan membingungkan bagi pengunjung yang ingin mempelajari tutorial yang anda paparkan, maka jalan keluar bagi blog dengan niche tersebut untuk meringankan loading blog adalah dengan menerapkan tekhnik kompresi pada gambar dan CSS.
Baca juga Optimasi Gambar Dalam Posting Blog

Dari tulisan di atas dapat kita simpulkan bahwa pengoptimalan sebuah template untuk menjadi SEO Friendly bukan selalu berarti "pemolosan ", namun lebih menitikberatkan pada pengoptimalan asesoris dari template yang digunakan. Perhatikan selalu aksesoris yang menempel pada tampilan blog anda, pentingkah? ingatlah bahwa fasilitas seperti jam, kalender, dan pemutar musik sudah tersedia di PC atau laptop visitor blog anda, jadi kenapa harus mengorbankan blog anda untuk memasang widget yang anda sukai namun tidak bermanfaat atau bahkan menggangu pengunjung blog anda?

al ghifari
Artikel SEO Friendly Blog Template, Haruskah Minimalis? ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

12 comments

12/11/2012 05:19:00 PM

Blog baru dengan semangat bsru, plus identitas baru yang lebih terbuka,hehe..
tema nya masih seputar blog ya? semoga sukses juga dengan blog ini ya..

12/11/2012 05:27:00 PM

amin, masih sangat jatuh cinta pada niche yang satu ini, jangan lupa dukungannya ya.

12/11/2012 06:01:00 PM

minimalis tetap yang terbaik,lagian orang buka blog buat baca artikel,bukan liat-liat template,nice share gan.

12/11/2012 07:47:00 PM

komentar yang sangat bagus, terima kasih telah berkunjung dan berkomentar.

12/19/2012 09:22:00 PM

Sebaiknya tidak usah memikirkan SEO, SEO itu untuk robot bukan untuk manusia. Lebih baik kita memikirkan konten dan desain yan gmemanjakan pengunjung.

12/20/2012 08:36:00 AM

Pendapat yang sangat tepat, menulis artikel memang harus ditujukan untuk pembaca, namun bagaimana kita mendatangkan pembaca jika tidak tampil di search engine?blog walking dan social media ataupun informasi dari mulut ke mulut tentunya tidak akan bisa menandingi trafic dari search engine.
Karena itulah dalam seni SEO kita mengenal optimasi onpage dan offpage.

2/17/2013 11:44:00 PM

Setuju..

2/23/2013 02:48:00 AM

Mantap gan , sukses slalu buat agan yang satu ini.

2/23/2013 08:36:00 AM

@manualedition.blogspot.com amin.., sukses juga untuk anda, dan terima kasih komentarnya.

3/18/2013 09:56:00 AM

menurutku ga juga,,
may be

Anonymous
3/23/2013 11:33:00 PM

Mo tanya lagi nih mas. Itu blog saya kok pagerank "o" terus, padahal saya lumayan rajin post artikel, minimal seminggu sekali. Blog saya ini udah hampir 3 bulan jalan, trus alexa nya kok turun lagi ya, angka nya membesar. Apa mungkin pengaruh ngotak atik keyword kali ya?

Kebetulan topik blog saya campur campur gitu dan ga fokus sama satu bidang topik..

Thz

3/24/2013 09:29:00 AM

@blogbandarountuk pagerank prosesnya memang panjang mas, dulu perhitungannya dari banyaknya backlink dofollow satu arah, walau banyak juga saya temui blog minim backlink yang sudah dapat pagerank, sedangkan untuk alexa rank perhitungannya dinilai dari traffik pengunjung blog per hari, jadi untuk merampingkannya ya dengan menambah jumlah kunjungan ke blog anda.

3 bulan berarti seumur dengan blog ini ya mas?
Mengenai niche atau pemilihan topik, kelebihan dan kekurangannya sudah saya ulas di artikel lain, namun seperti yang saya tambahkan di kolom komentar blog anda, kembali ke tujuan awal saja, hehe..

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO