Membuat Tombol Sederhana Dengan CSS

Sering sekali saya melihat artikel yang menyertakan tombol di dalam isi postingnya, baik itu tombol download, maupun tombol demo untuk blog tutorial. Melalui posting kali ini saya akan memberikan tutorial membuat simple button menggunakan CSS.

Cara membuat button



Bagi anda yang belum tahu, sebenarnya membuat tombol di dalam artikel bisa dilakukan hanya dengan memberikan tag <button>, contohnya jika saya akan membuat tombol demo maka yang perlu saya tulis dalam mode HTML adalah <button>Demo</button>, dan hasilnya : . Namun untuk anda yang menyenangi variasi bentuk tombol dalam artikel blog, mudah-mudahan posting saya kali ini membantu anda.

Tombol yang akan saya buat mempunyai tampilan sebagai berikut :
(silahkan hover untuk melihat efek "tertekan")

Download

Untuk membuatnya, silahkan anda menuju ke menu template blog anda, kemudian klik menu sesuaikan, lanjut ke pilihan tingkat lanjut dan tambahkan CSS.


menu templatecss


Kemudian paste-kan kode berikut di kolom sebelah kanan :

.tsabtn {
cursor:pointer;
border:2px outset #adb5c9;
background-color:#ffffff;
padding:10px 14px;
-webkit-border-radius:11px;
-moz-border-radius:11px;
border-radius:11px;
text-shadow:0px 1px 0px rgba(0,0,0,0.4);
color:#0f090f;
font:normal 18px 'Showcard Gothic',Helvetica,Arial,Sans-Serif;
text-decoration:none;
outline:none;
vertical-align:middle;
}

Untuk menambahkan efek saat tombol di sorot mouse, silahkan anda pastekan kode berikut di bawah kode di atas.

.tsabtn:hover {
border:1px solid #8a8c91;
background-color:#ffffff;
color:#524a52;
}

Kemudian klik tombol terapkan ke blog.

Memasang tombol pada postingan.


Untuk menampilkan tombol tersebut pada postingan dan menjadikannya sebuah link, pada mode HTML, tuliskan kode seperti berikut :

<a href="alamat url tujuan" target="_blank" title="download"><span class="tsabtn">Download</span></a>

Silahkan anda rubah tulisan yang berwarna merah.

Jika anda rasa artikel membuat tombol sederhana dengan CSS ini bermanfaat, jangan lupa untuk berkomentar atau menekan tombol share di bawah artikel ini, atau jika anda mempunyai ide untuk tampilan tombol yang lebih menarik dibanding tombol di atas, silahkan anda beritahu saya melalui kotak komentar, terima kasih.
al ghifari
Artikel Membuat Tombol Sederhana Dengan CSS ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

10 comments

1/25/2013 10:35:00 AM

ssiipp

aq kirain cuma ganti gambar aja bang ehehe

1/25/2013 05:58:00 PM

keren sob ..

1/25/2013 06:37:00 PM

@guntaraajie-versionngga mas, tombol ini tanpa file image, murni css.

1/25/2013 06:38:00 PM

@Revolusisiapa ya yang keren?hehe..
terima kasih atas komentarnya.

2/03/2013 09:02:00 PM

mantab sob!!!

2/04/2013 12:22:00 AM

@kunio Diablo siapa yang mantab mas Kunio?hehe..
Terima kasih atas komentarnya.

3/22/2013 07:06:00 AM

gak bisa di terapin pada wordpress sob.

3/22/2013 09:41:00 AM

@Heka Ardian Ga bisa ya mas Heka?
Kebetulan saya buta masalah wordpress.
Terima kasih atas komentarnya.

3/23/2013 01:02:00 PM

Hehehe... coba aja si.. mungkin saya juga salah.. oh iya mas bro...
saya taruh di blog saya yang ini ko masih terdapat putih gitu kenapa yah..? mas-ardian(dot)blogspot(dot)com

3/23/2013 10:56:00 PM

@Heka Ardian Itu karena mas Heka memasangnya di menu tab(add widget), dan terpengaruh setelan tab di template, sedangkan di tutorial saya jelaskan untuk meletakkan kode di bawah tag </header> untuk menambahkan widget baru.

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO