Cara Edit HTML Template di Tampilan Baru

Karena kebetulan beberapa hari ini fokus pada kegiatan membuat template blog, cukup terkejut juga saat baru saja membuka menu edit HTML template, karena ada perubahan tampilan yang cukup unik pada menu bawaan blogger tersebut.

Edit HTML template

Berikut screen shot dari tampilan edit HTML terbaru.


tampilan edit html terbaru


Sedikit membutuhkan pembelajaran tentunya untuk akrab dengan tampilan baru ini.

Cara edit HTML tampilan baru

Bagi anda yang kesulitan untuk mengedit template di tampilan baru ini, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

  • Expand template widget

Kolom centang menjadi hilang dan diganti dengan cukup klik tanda panah di samping penomoran di kode HTML

  • Edit widget

Mencari widget lebih mudah dengan adanya fasilitas lompat ke widget atau jump to widget

  • Memasukan css

Kode CSS terletak di antara markah <b:skin> dan </b:skin>, klik pada kode tersebut untuk membuka css.

  • CTRL F

klik pada daerah kosong di area kode HTML, kemudian tekan ctrl+f, kotak pencarian akan muncul di dalam daerah kode, bukan di web browser

  • Pratinjau template

Jika sebelumnya pratinjau template terbuka di tab baru, maka di tampilan kali ini pratinjau akan terbuka di tab sama mengganti kolom menu HTML

Perubahan tampilan edit HTML
Perubahan tampilan edit HTML Blogger kali ini mungkin ditujukan untuk memudahkan peng-editan pada template, yang menjadi pertanyaan bagi saya sekarang, bagaimana dengan tutorial yang sudah saya tulis ke belakang? apakah saya harus menyesuaikannya satu-persatu? ataukah ini menjadi ajang kompetisi blogger baru untuk menulis tutorial modifikasi blog dengan tampilan edit HTML baru?
Menurut anda?
al ghifari
Artikel Cara Edit HTML Template di Tampilan Baru ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

13 comments

4/16/2013 06:25:00 PM

wah wah..
saya sempet kaget dengan tampilan baru ini kang.. :D

Anonymous
4/23/2013 07:28:00 PM

saya bingung nih, script template saya ga keliatan sama sekali pas di edit..

4/24/2013 04:09:00 PM

@blogbandaro- Maksudnya tidak kelihatan gimana ya mas?

4/24/2013 04:45:00 PM

@Cupit Kalu sekarang mungkin sudah mulai terbiasa ya kang?
hehe..

4/28/2013 11:11:00 AM

gitu cara.y toh..pantesan gak bisa gue kyk dulu bang hehehe


komen back yeee

5/01/2013 01:11:00 AM

@mahfud cara edit template bloggernya sekarang seperti itu mas mahfud, mudah-mudahan terbantu ya, terima kasih komentarnya.

Anonymous
5/02/2013 07:18:00 PM

Udah bisa, mungkin waktu ngotak atil html, bloggernya lg maintenance.

Eh iya, saya udah nemu jawaban dapat notifikasi via email jika kita komen di blog lain, trus komen kita dapat tanggapan ato ga dari si punya blog, sekalian komen dari pengunjung yg lainnya. Ternyata jawabannya gampang banget lo mas hahaah.. Tinggal klik subscribe by email aja hehee..

5/23/2013 03:34:00 AM

wahat's up bro??? baru tau saya kalo sobat abis ngepost komen di blog saya, saya minta maaf sob soal keterlambatan saya balas komen sobat, abis lg sibuk banget nih belakangan baru buka blog deh jdx.

ok kita ke topik utama, sobat masih ingat saran sobat di g+ saya kan??? yup itu dia masalahx saya gak bisa nemuin code yg sobat berikan ke saya itu, saya gak tau apa masalahnya mungkin karena tampilan baru atau mungkin justru karena control+F nya rada aneh atau apa, yg jelas saya gak bisa nemuin tuh code sob, padahal bagian code itu salah satu yg paling penting dalam modifikasi templatex (biar orang kagak sakit matax liat post gua hehe...)

yg kedua, sobat pasti udah lihat kan di template saya di bagian komenx kagak ada link untuk "reply"nyakan??? hal ini menyusahkan saya dalam menulis response balasan sama mereka yg abis komen di blog saya dan mungkin jg bagi visitor saya.


maunya sih saya nanya langsung ke si empux template tp tuh orang jawabx apa adanya bener (nggak clear), berbeda dengan sobat yg ilmunya tuh udah tinggi banget tdk hanya ilmu soal blogging tp merangkai kata hingga penjelasannya menjadi jelas sobat jagonya menurut saya(hahahaha... sorry menjilat :D) sekali lg saya mohon bantuanx, yg sobat tahu ajalah. terima kasih.

5/24/2013 03:02:00 AM

@kunio Diablo - Hahaha, seperti biasa sobat satu ini selalu berlebihan, sebenarnya saya pun saat ini kurang mengurusi blog ini, keliatan kan? balasnya lambat, hehe..
Kalau tidak salah mengenai line-height ya?
sebenarnya yang berbeda cuma cara ctrl+f nya saja. kalau mas menggunakan ctrl+f bawaan browser, maka kode tidak akan ditemukan, coba klik dulu di bagian dalam kotak tempat kode HTML seperti mas akan menuliskan kode, lalu tekan ctrl+f , akan muncul kotak pencarian di kanan atas area html template.
Kalau mengenai template, yang membuatnya tentunya lebih tahu, dan sepertinya saya tidak bisa membantu, namun jika boleh kasih saran, coba ke
http://blog.kangismet.net/2012/01/cara-membuat-threaded-coment-di-blogger.html
sekalian tanya-tanya, beliau baru pantas dibilang ilmunya lebih tinggi, hehe..

5/26/2013 08:23:00 PM

ternyata masalahnya sepele mas, penyebab tombol replyx hilang cuman karena saya memilih jendela munculan pada threaded commentx hahahahaha...
konyol^_^

5/30/2013 08:33:00 PM

@kunio Diablo hehehe, solusinya ternyata ketemu sendiri ya mas?

gimana cara nya buat tampilan blog kayak gini mas?
file:///C:/Users/Public/Pictures/Sample%20Pictures/bloger.jpg

6/29/2013 11:51:00 PM

@rabiatuladawiyah17.blogspot.comgambarnya di upload dulu ke image hosting ya mba, soalnya susah saya lihatnya :)
o ya, terima kasih komentarnya

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO