Cara Setting Robot.txt

Sebelum memulai tutorial cara setting robot.txt, saya sangat ingin mengucap alhamdulillah dan terima kasih bagi pengunjung blog saya ini – baik yang meninggalkan komentar ataupun hanya sekedar melintas – karena blog the Art of Seo dalam usianya yang menginjak minggu ke dua (20 Desember 2012), sudah mendapat total 363 penayangan, atau rata-rata 25,9 tampilan dalam sehari. Mungkin bukan hasil yang perlu dibanggakan bagi anda yang tentunya sudah cukup lama menggeluti dunia blogging, tapi bagi saya yang seorang blogger pelajar pemula ini, hal tersebut rasanya patut untuk saya syukuri.


Rencana awalnya, setelah blog ini mempunyai 10 posting atau setelah posting Cara Memasang Star Rating di Artikel Blog kemarin, saya akan istirahatkan blog ini sejenak sambil menunggu terindeks sepenuhnya oleh Google™, kenapa? karena bagaimana mungkin sebuah blog bertutur tentang SEO namun blog nya sendiri belum nampak di search engine?hehe.. namun karena beberapa pertimbangan lainnya, maka saya putuskan untuk tetap melanjutkan menulis artikel sambil berharap om Google™ cepat-cepat melirikkan matanya ke arah blog sederhana ini.

Saya rasa cukup basa-basi pembukanya, anda tidak kemari untuk membaca curhatan saya bukan?

Kostumisasi Setting Robot.txt

Meskipun bukan terhitung hal baru, namun banyak blogger tidak menggunakan fasilitas ini.
Sebelumnya, apa itu robot.txt? mari sejenak kita "mengintip" apa yang tertulis di http://support.google.com/blogger/bin/answer yang membahas mengenai robot.txt tersebut. Disebutkan bahwa costumisasi robot.txt memberikan sebuah perintah untuk search engine bagian mana saja dari blog kita yang boleh atau tidak boleh dirayapi.
Maka, itulah fungsi dari penyetingan robot.txt yang akan kita lakukan, untuk memudahkan robot merayapi dan mengindeks seluruh postingan yang kita miliki, dan mencegah dia merayapi halaman yang tidak perlu dirayapi.

Cara setting Robot.txt

Mari segera kita menuju ke menu setelan prefensi penelusuran blog anda, posisinya bisa anda temukan pada screen shot berikut ;
robot.txt

Pilih edit kemudian yes, sebelum anda menyalin kode berikut ;
User-agent: *
Disallow: /search
Allow:
 Sitemap: http://alamat blog anda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Allow dan Disallow


Mari kita perhatikan kode di atas, mengapa dan untuk apa kode tersebut dibuat?

Pada baris pertama anda menemukan  User-agent: * , hal ini berarti anda memberikan perintah untuk semua robot crawler, namun jika anda hanya ingin memberikan batas perayapan untuk robot google maka ganti kode tersebut dengan User-agent: Google

Disallow: /search , memberikan perintah kepada robot untuk tidak perlu merayapi  label yang kemungkinan besar memberikan resiko duplicate content dan membahayakan pagerank anda. Anda dapat juga tambahkan  Disallow: /p di bawah atau di atas Disallow: /search jika anda tidak ingin halaman statis di blog anda ikut terindeks. Namun jangan membuat kode hanya Disallow: / karena hal tersebut akan membuat blog anda sama sekali tidak akan dirayapi.

Sedangkan fungsi allow adalah opsional. karena dengan perintah disallow maka semua direktori yang tidak termasuk disallow akan dirayapi oleh robot. Namun dengan menambahkan perintah  Sitemap: http://alamat blog anda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated , diharapkan akan mempermudah dan melancarkan proses perayapan & pengindeksan artikel di blog kita.

Untuk penjelasan lengkap anda dapat mengunjungi http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=id&answer=156449&from=35237&rd=1

 Perlukah setting robot.txt?
Hal tersebut sering menjadi pertanyaan dan perdebatan mengingat resiko besar yang akan membuat blog anda tidak terindeks sama sekali oleh search engine jika anda salah melakukan setting pada robot.txt , namun jika anda termasuk blogger yang jauh lebih khawatir dengan resiko duplicate content, maka silahkan ikuti tutorial di atas dengan berhati-hati.

Semoga cara seting robot.txt yang telah saya tulis bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk ikut membantu dengan melakukan share jika anda rasa artikel kali ini bermanfaat.
Terima kasih.
al ghifari
Artikel Cara Setting Robot.txt ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

43 comments

12/22/2012 09:37:00 PM

pertamax!!
kalau saya sih udah setting robot.txt, swlnya dulu ada yang settingin :P

12/23/2012 12:51:00 PM

juga buat optimasi blog baru ini ya .. ? hehe .. :D

12/23/2012 01:00:00 PM

Sebaiknya memang untuk blog baru, karena label dan archive yang sudah terindeks akan tetap tampil di search engine, dengan melakukan blocking pada perayapan melalui robot.txt di atas, maka artikel baru dalam archive setelahnya tidak akan ikut di indeks lagi.
Blogazine nya mantap om salim,hehe..

12/23/2012 01:08:00 PM

hah, kok om sih .. -_-

12/23/2012 01:27:00 PM

Halah ini yg saya cari sob.. thanks ya.. bookmark dulu deh

12/24/2012 12:08:00 AM

silahkan, terima kasih atas komentarnya ya..

12/24/2012 02:39:00 PM

Sip saya suka posting ini, sangat jelas dalam penyampainnya. saya juga sudah pernah melakukan hal tersebut, Terima kasih infonya sob...salam

12/31/2012 08:59:00 AM

Makasih badai gan, tutorialnya sngat mmbantu saya!

12/31/2012 01:14:00 PM

sama-sama pak Kraeng Francisco, terima kasih atas komentarnya

12/31/2012 01:15:00 PM

badai ya mas klik wow,hehe..
sama-sama mas.

1/07/2013 04:19:00 PM

Kebanyakan pakar SEO membahas Tag html sama H1, H2, H3. baru kali ini saya ketemu yg bahas robot. sangat beresiko memang, karena google sendiri meberikan peringatan sebelum melakukan setting robot di penyettingan. tapi artikelnya sangat membantu.

1/07/2013 05:41:00 PM

mungkin karena saya bukan pakar SEO mas, jadi pembahasannya berbeda,hehe..
senang sekali jika artikel saya dapat membantu, dan terima kasih banyak atas komentarnya.

Anonymous
1/10/2013 05:10:00 PM

bro kalo allow:/ ya ane ilangin biar gak terjadi eror tidak masalah kan ?

1/10/2013 06:31:00 PM

tidak masalah mas, diluar direktori yang ter disallow akan otomatis dirayapi.
Namun penggunaan perintah allow direkomendasikan oleh Google.

2/10/2013 12:02:00 AM

Mas saya mo nanya, 2 post terakhir saya tidak bisa sama sekali terindeks dalam penacarian google. Saya pernah ngutak atik search preference, tapi saya ga tau apa ada kesalahan tau gimana sehingga judul artikel saya tidak tersindeks sebelumnya. Kalau memang saya ada kesalahan dalam setting robots.txt ini, bagaimana solusi memperbaikinya? saya sudah coba upload ulang template tapi hasilnya tetap sama..

mohon bantuannya mas.. terimakasih

2/10/2013 01:10:00 AM

@blog bandaro saya sudah cek robot.txt blog anda, bentuknya seperti berikut :

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

dan saya rasa tidak ada masalah, namun akan lebih baik jika anda mengganti bagian atas dengan

User-agent: Mediapartners-Google
Allow: /

jika anda tidak pernah mengutak-atik preferensi penelusuran sebelumnya (jika pernah, coba kembalikan semua ke default terlebih dahulu), ada kemungkinan blog anda terkena google sandbox.
di artikel pertama, dengan jumlah kalimat yang sedikit, pengulangan kata phoerkin sebanyak 5 kali bisa dianggap optimasi keyword yang berlebihan, apalagi anda menyisipkannya di judul artikel, sedangkan di artikel ke dua, penggunaan font-weight bold juga saya rasa berlebihan, karena atribut tersebut biasanya berfungsi sebagai penekanan keyword, coba anda perbaiki kemudian submit ulang, dan hindari over optimasi menggunakan ping services.
namun jika kita abaikan saja 2 kemungkinan tersebut, saya ingin tahu berapa hari biasanya paling lambat artikel anda terindeks? sebagai catatan, kunjungan terakhir google bot ke blog anda adalah pada 26 januari 2013, apakah anda sudah pernah mencoba submit sitemap ke /www.google.com/webmasters/tools/ ?
mohon maaf jika jawaban saya kurang membantu, dan terima kasih komentarnya.

2/10/2013 01:29:00 AM

Makasih banget mas, pertanyaan saya langsung respon.. ok, saya coba dulu perbaikin sesuai dengan saran mas.. :)

2/10/2013 01:34:00 AM

@blog bandaro Alhamdulillah karena saat anda berkomentar saya masih login di blogger, jika tidak pastinya saya akan lambat merespon masalah anda,hehe..
silahkan, dan semoga blog anda kembali tampil di google.
terima kasih untuk tambahan komentanya.

2/10/2013 01:56:00 AM

eh iya mas , sekali lagi.. muungkin kalau masih trouble saya coba ke kembali ke setting default.. kalau boleh tau ngerubah ke default gimana ya mas? saya udah cek di menu setting tapi masih belum ketemu. Terimakasih

2/10/2013 02:30:00 AM

@blog bandaro silahkan.., kita coba-coba dulu ya mas, pertama pada tag header robot khusus, screen shot pengaturan bisa anda lihat di https://lh3.googleusercontent.com/-yrdCSb5GrRs/URahOU7p34I/AAAAAAAABmk/s0fda8xLZlo/s440/preferensi+penelusuran.jpg

kemudian untuk robot.txt untuk sementara coba di hapus dulu(di non aktifkan), sebagai gantinya jika anda khawatir dengan duplicate content, silahan paste kode berikut di bawah kode <head> di template blog anda.

<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

semoga membantu.

2/10/2013 11:23:00 PM

Makasih mas atas infonya.. udah sukses dan berhasil :D

2/11/2013 02:59:00 PM

Oh iya mas, untuk kasus yang ini saya post di blog saya ya.. biar ga lupa dan gampang nyari nya kalau ada masalah

http://blogbandaro.blogspot.com/2013/02/mengatasi-judul-artikel-tidaak-masuk.html

3/16/2013 09:07:00 PM

sangat keren mas bro...visit back my blog uah di http://menjahitbagus.blogspot.com

4/20/2013 08:27:00 AM

tanks ya artikelnya berguna bgt

4/20/2013 01:24:00 PM

wahhh mantap tuhh


sukses dach gan...

4/26/2013 05:06:00 PM

ok gan bisa ane coba gan makasih

4/27/2013 08:09:00 AM

@Rizal- Silahkan kang Rizal, dicoba tutorial setting robot.txt nya.
dan terima kasih untuk komentarnya.

Anonymous
4/30/2013 11:07:00 AM

kalau dipake di blog yang dah lumayan lama sekitar 4 bulan ada pengaruh nya gak mas?

makasih sebelumnya tutorialnya jelas banget

5/01/2013 01:13:00 AM

@kumpulankoleksi2013 masih sangat berpengaruh dan masih sangat bermanfaat mas, silahkan disetting robot.txt nya, dan makasih juga komentar serta kunjungannya.

5/03/2013 11:09:00 AM

wahhhh kayknya bkalan keren tuhh..
tp aq masih bingung
hehe

sukses ajh ya

5/16/2013 12:45:00 PM

saya sudah terapkan gan makasih banget ya

5/27/2013 01:14:00 PM

thanks banget mas tutorialnya sangat membantu saya dalam optimasi blog http://indonewstop.blogspot.com

5/30/2013 08:31:00 PM

@imelda queen sama-sama mba Imelda queen, dicoba ya settingan robot txt nya di blognya itu tuh, hehe..

6/07/2013 04:21:00 PM

sudah kayak obat nih. kalau salah penggunaan bisa fatal. haha
terima kasih infonya

6/11/2013 07:16:00 PM

salam..
akhirnya nemu juga dimari,makasih bang,manfaat banget buat s'org nubi seperti ane,oh ya di tunggu jejak'y di gubuk ane www.jakarta-awning.com ,kali aja ada job buat ane.makasih
wasaslam

7/01/2013 09:37:00 PM

Sungguh bermanfaat bagi saya, terima kasih

9/08/2013 09:20:00 PM

gan saya sudah mengaktipkan robots txt nya tapi malah blog saya dapat penurunan kueri di webmaster,dulu sebelum saya aktifkan robots txt nya kueri blog saya bagus dan bertambah terus untuk kueri nya,mungkin agan punya solusi nya nih harus bagaimana?

10/05/2013 01:09:00 PM

Keren sob informasinya. Saya menggunakannya untuk mengseokan blog. Nice post. I'll back to see your update.

2/24/2014 01:45:00 PM

thanks gan atas infonya..
di tunggu kunbalnya : www.tedomovie.blogspot.com

3/03/2014 11:37:00 PM

Terima kasih sekali gan atas informasi dan tips yang super ini .super sekali

6/24/2014 10:16:00 PM

wah,, makasih infonya gan... mampir juga gan

6/27/2014 08:28:00 AM

mas bro gue udah tekan yes tapi yang muncul malahan masukan 1000 karakter,terus gue harus bagaimana?

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO