Optimasi Blog Bagi Pemula

Berbicara mengenai blog dan SEO memang tidak akan ada habisnya, satu blog dan lainnya bersaing menyajikan teori mengenai masalah optimalisasi blog dan mesin pencari, seperti menulis artikel original, membangun backlink, melakukan kostumisasi pada Hypertext Markup Language semisal atribut tulisan, menambahkan tag meta, breadcrumb dengan microdata, dan lainnya. Hal tersebut pastinya sangat bermanfaat dan berpotensi menarik perhatian bagi mereka yang tengah belajar optimasi blog terutama bagi blogger pemula—salah satunya dapat saya contohkan adalah penulis artikel ini—yang setiap tahun-nya akan terus bermunculan. Lalu bagaimana sebenarnya tekhnik optimasi blog bagi pemula dan—selanjutnya—seo bagi blog baru menurut yang saya pelajari dan saya yakini? ijinkanlah melalui artikel ini saya berbagi bersama anda.

Optimasi blog bagi pemula.


Kenali diri anda.


Suatu hari, anda putuskan bahwa anda akan membuat sebuah blog, semua laluan proses telah anda lewati. maka here it is..! blog baru anda sudah jadi, mungkin tidak terlalu terlihat cantik namun melalui proses anda yakin bisa tambahkan accessories penambah seperti horizontal label dropdown, membuat related post dan lainnya, saatnya memperkenalkan blog baru ini kepada dunia, maka hal pertama yang anda lakukan adalah mengisi blog tersebut dengan artikel.

Artikel seperti apa yang akan anda tulis? sudahkan anda melewati 3 pertanyaan sederhana berikut ;

1. Siapa sasaran target blog anda?
2. Apa yang anda kuasai untuk anda tulis?
3. Apakah ilmu yang anda kuasai di jawaban pertanyaan nomor 2 bisa menarik mereka yang anda cari di pertanyaan nomor 1?

Inti dari 3 pertanyaan tersebut diatas sebenarnya sangatlah sederhana, yaitu mulailah menulis apa yang setidaknya anda ketahui.

Lalu apakah penulis the Art of Seo ini seorang pakar blog dan seo sehingga cukup berani menulis bahasan mengenai 2 hal tersebut? seiring waktu, saya yakin, komitmen untuk mengembangkan blog ini dan menjawab pertanyaan yang mungkin masuk melalui kolom komentar akan membuat saya tidak lelah untuk belajar dan menambah pengetahuan dasar saya, toh sebenarnya kita semua adalah pelajar, apakah anda sependapat dengan saya?

Semoga jawaban tersebut dan masukan dari anda yang menyikapi alasan saya tersebut mampu menjadi pengobat rasa percaya diri bagi saya khususnya, dan menambah motivasi untuk memulai bagi yang lain.

Menentukan tema blog.


Jika anda telah melewati proses pengenalan diri maka rasanya proses penentuan tema bukanlah hal yang sulit, niche apa yang ingin anda angkat? mengenai blog kah? atau kesehatan, game, dan atau download misalnya?

Semua tema memiliki penggemar atau sasarannya sendiri namun di sisi lain juga mempunyai area persaingannya sendiri, tergantung anda ingin melibatkan diri ke mana, apakah sebuah perang besar membahas dunia gadget terbaru, atau persaingan kecil mengenai iPhone 5?
Sebuah tema yang umum akan menghasilkan target yang umum dengan persaingan yang besar, berbeda dengan niche spesifik yang tentunya akan menghasilkan target yang spesifik juga dengan keuntungan tekanan kompetisi yang lebih ringan.

Menulislah untuk dibaca.


Sebuah komentar sahabat di salah satu posting saya, SEO Friendly Blog Template, Haruskah Minimalis? memberikan tambahan ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya pribadi,
"Sebaiknya tidak usah memikirkan SEO, SEO itu untuk robot bukan untuk manusia. Lebih baik kita memikirkan konten dan desain yang memanjakan pengunjung"
Ya, mengesampingkan terlebih dahulu masalah desain, menulislah untuk dibaca, bukan untuk tampil di page one google. Menambahkan aneka keyword, memberikan atribut warna,<strong> dan <underline>, optimasi gambar dengan alt tag, dan lainnya akan membantu mesin pencari, namun pertimbangkan juga apakah hal tersebut membantu pembaca memahami apa yang anda tulis? pergunakan fungsi atribut HTML untuk tambahan penjelasan artikel, bukan manipulasi search engine.

Selanjutnya, gunakan bahasa Indonesia yang mendekati baik dan benar, bukankah pembaca blog anda bukan hanya teman-teman anda yang nyaman dengan bahasa pertemanan—dikenal dengan sebutan alay—dan penggunaan kalimat elu dan gue.

Terakhir,—meskipun masih banyak lainnya yang mungkin dapat anda tambahkan melalui kolom komentar di bawah—menulislah untuk dinikmati semua orang, anda dan tentunya pembaca, berhenti menulis "inilah cara saya menggaet bidadari kecamatan" kemudian menulis, "beberapa faktor ini dapat membantu anda mendapat perhatian dari sang bidadari" mungkin dapat menjadi pertimbangan bagi anda.

Apakah tips diatas adalah SEO?

Jawabannya tergantung bagaimana anda menyikapi seni dalam optimasi mesin pencari itu sendiri, namun hal-hal di atas dapatlah kita sebut sebuah langkah bagi blog baru anda menuju seo, namun belum search engine optimization itu sendiri,  karena akan panjang rasanya jika harus saya ulas dalam satu kali posting.  Semoga anda berkenan dan bersabar menunggu tulisan saya sebagai tambahan artikel kali ini, karena apalah arti blog ini tanpa anda?
Sedikit kata penutup dari saya untuk mengakhiri tulisan kali ini,

"Tanpa merendahkan nilainya, pembaca dari search engine tidak jauh lebih berharga dibanding pembaca yang datang dari bookmark web browsernya dan merindukan tulisan anda."—al Ghifari. 

Semoga tips optimasi blog untuk pemula ini bermanfaat, dan sudilah kiranya anda berikan saran serta kritik membangun melalui komentar yang mungkin dapat anda tambahkan?

al ghifari
Artikel Optimasi Blog Bagi Pemula ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

32 comments

12/27/2012 07:40:00 AM

keren gan tipsnya..
konten memang harus diutamakan.. karena konten adalah raja, hehe

12/27/2012 11:30:00 AM

weist,,,.. keren mas brow...
kata2nya beautipulll,pulll bgt,, apa lagi nie aq pas dengerin instrument smangat2 gitu. hmmm,, jadi kayak orang dimotivasi
hehehehe

Hebat mas brow
salam

Guntara ^_^

12/27/2012 04:14:00 PM

mas,,boleh ga ngusul sesuatu???
hehehe

12/27/2012 06:26:00 PM

cocok ni buat aku yang pemula.. :D

12/27/2012 07:11:00 PM

tema blog saya gado gado mas :)

aman aman aja kan :D

12/27/2012 11:48:00 PM

maaf mas guntaraajie, lagi sibuk mempersiapkan tahun baru sampai tidak responsif dengan komentar. Usul apa ya?

12/27/2012 11:54:00 PM

betul, sekarang gado-gado, tapi kalau melihat daftar 115 artikel di label blogger, saya jadi penasaran, memang dari awal sudah gado-gado? atau hanya bumbu kacang nya saja?hehe..

12/27/2012 11:59:00 PM

kalau anda pemula, lalu saya apa?

12/28/2012 12:00:00 AM

terima kasih komentarnya, konten adalah raja, mungkin bisa jadi inspirasi baru,hehe..

Anonymous
12/28/2012 07:13:00 AM

Sangat membantu sekali bagi para blogger pemula untuk beroptimasi.

terima kasih sob

12/28/2012 08:11:00 AM

kan kdang kita saling kunjung2an nie mas,.... nha, boleh ga kita tukar2an link gitu mas??? buat link sahabat maksudnya hehehe

12/28/2012 10:09:00 AM

wah ane masih pemula nih.. cocok gan..:)

12/28/2012 11:37:00 AM

Mohon maaf mas guntaraajie, untuk saat ini berhubung blog saya masih baru, saya sedikit membatasi outbond link, mungkin nanti setelah saya rasa aman, tawaran anda akan menjadi pertimbangan pertama bagi saya, insya Allah.

12/28/2012 11:41:00 AM

terutama tentunya bagi saya pribadi mas baguspost.
Terimakasih atas komentarnya.

12/28/2012 11:45:00 AM

wah, qo banyak yang ngaku pemula ya?
saya juga mas,hehe..
terima kasih atas komentarnya.

12/28/2012 02:34:00 PM

okey,gppa mas,... Yang penting silaturahmi and komen2an tetep donk hehehe
Makasih

12/28/2012 11:40:00 PM

pastinya mas guntaraajie, silaturahmi tetap yang utama,hehe..

1/02/2013 01:34:00 PM

wah keren nih artikel berguna banget buat pemula kaya ane :)

jangan lupa mampir ya kang ke blog saya

http://rekayasa-blogger.blogspot.com/

1/02/2013 06:32:00 PM

terima kasih komentarnya mas, langsung menuju ke lokasi.

1/06/2013 06:58:00 PM

newbie spt sy paling seneng baca tips ginian, mksih ya mas, .. sukses selalu :)

1/06/2013 07:21:00 PM

padahal usia blog kangtok di kangtok komputer kalau tidak salah sudah memasuki tahun ke dua, kok masih saja merasa newbie kang?hehe..
amin, sukses juga untuk kangtok dan blog nya.

2/10/2013 07:39:00 PM

Infonya sederhana tapi menarik untuk dibaca.

2/10/2013 07:40:00 PM

Wow,keren sekali infonya. Makasih gan

2/10/2013 09:45:00 PM

@Berbagi Info Mungkin karena yang simple-simple biasanya lebih disenangi orang mas,hehe..
Terima kasih komentarnya.

2/10/2013 09:46:00 PM

@Cheap Hosting Komentar anda juga keren gan, terima kasih atas komentarnya.

2/12/2013 08:33:00 PM

makasih udh berbagi tipsnya. pas buat saya yang lagi belajar optimasi blog..

2/12/2013 09:54:00 PM

@Kerja di Rumah Semoga benar-benar bermanfaat mbak Wulan, dan terima kasih juga komentarnya.

2/13/2013 05:10:00 PM

sangat lengkap info seonya kang...segera akan diterapkan..

2/13/2013 06:28:00 PM

@optimasi seo blogsilahkan kang, hanya tips dasar saja, sepertinya tips lanjutannya sudah terlebih dahulu tersedia di blog anda.
terima kasih komentarnya.

2/17/2013 07:16:00 AM

Mantaap nh infonya kawan,,
terima kasih yah.. bermanfaat amiin.. :)

2/19/2013 12:42:00 PM

mantab makin termotivasi nih gua lanjut post, tapi yang menjadi masalah dan meruntuhkan mental gua untuk terus ngepost justru karena post gua gak ada di page 1 nya search engine google, dan itu menyebabkan tulisan gua, gua rasa gak nyampe ke targetx dan percuma, gimana mau semangat nulis kalo target postx gak nyampe.

2/19/2013 02:39:00 PM

@kunio Diablo Sahabat Kunio, tidak semua artikel yang kita tulis akan tampil di page 1 SERP google, begitupun blog saya ini, namun pengunjung blog tidak hanya dari google.
Kemudian jika diibaratkan anda mempunyai sebuah product untuk "dijual", kenapa tidak jemput bola dibanding menunggu costumers?
untuk masalah tersebut saya pernah menulis di artikel mengenai tips mempromosikan blog dan artikel nya di
http://theseoart.blogspot.com/2012/12/promosi-posting-blog.html

sebagai catatan, untuk saat ini pengunjung blog saya selain dari google didominasi oleh pengunjung dari Yahoo answer, lintas.me , dan beberapa forum (diluar cascus, hehe.. )
terima kasih komentarnya.

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO