Membuat Smooth Spoiler dengan Javascript & CSS

Tidak terasa beberapa hari lagi kita menjelang pergantian tahun. Di sela kegiatan mempersiapkan perayaan akhir tahun bersama keluarga, iseng-iseng mencoba membuat spoiler yang tidak sama seperti yang sudah pernah ada,—atau mungkin pernah ada?—. Sejujurnya saya bukanlah ahli dalam bidang bahasa javascript maupun CSS, jadi jika kebetulan ada ahli javascript & CSS yang kebetulan membaca posting ini, saya mohon koreksinya.

Mari menuju ke tutorial.


Cara membuat spoiler


Pada umumnya, spoiler akan terlihat seperti berikut ;

Spoiler dengan berisikan teks :
Apapun yang orang bilang, saya adalah spoiler yang sesungguhnya, bukan begitu sahabat?


Namun saya ingin membuat seperti ini :
Ini adalah tulisan isi dalam sebuah spoiler, dan berikut adalah gambar dalam sebuah spoiler,
cara membuat spoiler


Bagaimana? tertarik membuat spoiler versi the Art of SEO?

Cara membuat smooth spoiler


Silahkan anda buka menu template-edit HTML di blog anda, kemudian anda cari tag
</head>
Setelah anda temukan tag tersebut, salin kode berikut di atas markah tersebut.

<script src="//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js"></script>
<script>
$(document).ready(function(){$("#flip").click(function(){$("#panel").slideToggle("slow");});});</script>

Selanjutnya anda paste kode berikut di atas tag ]]></b:skin>

/*theseoart smooth spoiler*/ #flip{ text-align:left; } #panel { padding:1px; text-align:left; background:#f5f5f5; border:0px;-webkit-border-radius:50px;-moz-border-radius:50px;border-radius:50px; } #panel { padding:24px; display:none; } /*end the seoart smooth spoiler*/

Simpan template anda.

Memasang spoiler dalam posting


Untuk menampilkan spoiler tersebut di area posting, pada saat membuat artikel baru—dalam mode HTML—silahkan anda sertakan kode berikut ;

<div id="flip"><button>Klik me please..</button></div>
<div id="panel"> Tulisan ini dapat anda ganti dengan isi spoiler anda </div>
 Modifikasi Smooth Spoiler
Karena dibuat oleh bukan ahlinya, spoiler atau lebih tepatnya javascript show & hide tersebut pastinya masih menyimpan galat tidak bisa menampilkan 2 buah spoiler bersamaan kecuali anda sertakan style css unik baru di template atau area posting anda, tampilannya pun saya rasa masih harus dimodifikasi,dan anda lah ahlinya.

Jika anda termasuk orang yang menyenangi tantangan, sambil mengisi liburan tahun baru barangkali anda berminat untuk memodifikasi show & hide tersebut, silahkan cantumkan url posting ini sebagai sumber mentah scriptnya, kemudian beritahu saya melalui kotak komentar. Jika saya rasa spoiler yang telah anda modifikasi di posting cara membuat spoiler blog anda terlihat lebih menarik dan baik, maka posting ini akan saya update dengan menambahkan backlink url posting javascript show & hide versi anda.

Selamat berkreasi dan selamat tahun baru 2013.
al ghifari
Artikel Membuat Smooth Spoiler dengan Javascript & CSS ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

21 comments

Anonymous
12/28/2012 01:42:00 PM

Tantangan saya terima,hahay....

12/29/2012 10:05:00 AM

wuih keren nih gan..:) mantaapp deh..:)

12/29/2012 11:22:00 AM

pastinya akan lebih keren jika yang membuat adalah memang ahlinya mas, bukan saya,hehe..
terima kasih atas komentar nya.

12/29/2012 11:53:00 AM

wah, bermanfaat nih infonya, thanks yah

12/29/2012 12:15:00 PM

Filter Spamnya Bagus ya mas.
maaf td komen gak baca dulu catatannya.

12/29/2012 12:33:00 PM

nice share sob,,,akan ane coba...
#commenback

12/29/2012 12:36:00 PM

sama sama sahabat Sayang Suhendar, terima kasih juga atas komentarnya.

12/29/2012 12:37:00 PM

gapa sahabat Sudi Adi, terima kasih atas komentarnya, mudah-mudahan nanti blog nya saya temukan, hehe..

12/29/2012 12:39:00 PM

selamat berkreasi sahabat Thedragao, dan selamat tahun baru untuk semua.
Terima kasih atas komentarnya.
Meluncur ke blog nya..

12/29/2012 01:09:00 PM

Baru nie,...hehehe
like thiiss

12/29/2012 05:38:00 PM

wah lumayan keren nih di bookmark dulu ya sob.siapa tau nanti saya pakai.thks sharingnya ya sob.

12/30/2012 12:02:00 AM

mangga kang zig, eta foto murangkalih? ni lucu, tos sabaraha sasih ayeuna?

1/05/2013 07:13:00 AM

Ini berbeda dengan spoiler yang biasanya dipakai dalam forum-forum itu ya Sob?

1/05/2013 02:11:00 PM

kelihatannya berbeda ya mas? hehe..

1/07/2013 08:42:00 PM

keren mas spoilernya dan juga saya mau nanya gimana cara anda temuin blog saya di google?

1/07/2013 08:42:00 PM

keren mas spoilernya dan juga saya mau nanya gimana cara anda temuin blog saya di google?

1/08/2013 06:42:00 PM

Mohon maaf mas Yudha, saya kurang mengerti pertanyaan nada, bisa anda jelaskan maksudnya?
terima kasih.

1/11/2013 04:45:00 PM

maksud saya blog saya yang tentang biola yang anda komentari.
terima kasih.

1/11/2013 04:56:00 PM

mungkin maksudnya adalah bagaimana saya bisa sampai ke blog anda ya mas Yudha?
Jika anda klik nama anda di atas komentar yang anda tulis, maka otomatis akan membuka tab baru berisikan akun google+ anda, dari situ saya bisa menemukan blog anda yang anda share di pos anda.
Begitu mas Yudha.

1/11/2013 05:09:00 PM

Tapi selama ini saya belum pernah mengomentari website sebelum ini,bagaimana anda bisa manemukan saya?

1/11/2013 05:36:00 PM

mungkin mas yudha lupa pernah berkomentar sebelumnya di posting "Masih Perlukah Menggunakan Verifikasi Kata ?" di blog saya ini pada 7 januari 2013? :)

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO