Manfaat Memiliki Niche Bagi Anda dan Blog Anda

Konsisten pada niche sebuah blog, tema itulah yang ingin saya angkat pada postingan kali ini, sekaligus menjawab materi diskusi yang di angkat oleh sahabat Kunio Diablo melalui komentar di artikel 7 Solusi Mengatasi Kebuntuan Ide Saat Menulis Artikel Blog, pentingkah konsistensi pada sebuah niche bagi sebuah blog? manfaat apa saja yang bisa anda dapat dari niche blog? mari kita diskusikan bersama.

Manfaat memiliki niche bagi blog


memilih niche blog

Manfaat pertama, mempunyai tema spesifik membuat anda terlihat lebih profesional dalam niche yang anda bahas, kemampuan anda untuk mengolah artikel-artikel yang membahas sebuah permasalahan membuat anda tampil menonjol dan akan memberikan citra tersendiri bagi pembaca blog anda, tentunya hal tersebut perlu ditunjang dengan pemahaman lebih akan niche yang ingin anda angkat.

Hal tersebut seringkali dijadikan sebuah masalah bagi beberapa blogger, namun sebenarnya sama sekali bukanlah masalah yang berarti jika sebelumnya anda telah mempelajari niche apa yang sedikitnya anda kuasai atau anda senangi, karena jika anda bukanlah seorang yang ahli dalam sebuah topik, memilih topik yang anda senangi akan memberikan anda semangat untuk belajar lebih banyak, mengenai hal tersebut pernah saya singgung di tulisan saya, tips optimasi blog bagi pemula.

Dari sisi pengunjung, orang-orang cenderung lebih mudah mengingat blog dengan brand tersendiri, bukankah anda pun tentunya mempunyai pilihan situs atau blog untuk dikunjungi jika anda ingin mencari informasi blogging, mendownload aplikasi, atau membuka video streaming?

Contoh lainnya, situs manakah yang akan anda kunjungi pada saat anda mencari informasi gadget terbaru di search engine jika hasil pencarian menunjukan :

  • disinisemuada. com di urutan pertama dan 
  • infogadgetbaru. com di urutan kedua  

Dari sisi SEO, blog ber-niche lebih memberikan kemudahan untuk men-tautkan satu post ke posting lainnya, karena tentu saja artikel yang disajikan selalu berhubungan meskipun bukan tidak mungkin bagi sebuah blog general melakukan link scheme yang sama, namun biasanya hanya sebatas pemaksaan pemberian anchor teks yang tidak ditunjang dengan kalimat ajakan bagi pengunjung untuk menelusuri artikel demi artikel di blog tersebut, persentase bounce rate pun akan jauh lebih baik jika pengunjung anda sedang mencari informasi mengenai masalah tertentu, hal tersebut berdasar pada pengamatan dari beberapa blog yang saya miliki.

Kekurangan niche blog

 

Di atas sudah saya ulas mengenai keuntungan yang anda dapat dari konsistensi terhadap sebuah niche, namun dibalik keuntungan-keuntungan tersebut tentunya tersimpan juga kekurangan dari memiliki blog ber-niche, diantaranya adalah waktu optimasi yang relatif lebih lama, sulitnya membuat konten yang fresh, dan lalu lintas yang cenderung mendatar jika di banding dengan blog dengan tema general yang lebih mudah menghasilkan lonjakan traffic jika cermat menganalisa trend yang sedang terjadi.

Jadi, bagaimana menurut anda? setujukah dengan manfaat-manfaat dari memiliki niche blog yang telah saya tulis? pentingkah memiliki niche bagi sebuah blog? ataukah anda memiliki pandangan lain berdasarkan pengalaman anda sendiri? silahkan berbagi melalui komentar, dan bagi anda yang tertarik membuat blog dengan niche spesifik, artikel yang pernah saya tulis mengenai jenis-jenis artikel populer dalam sebuah blog mungkin dapat menambah inspirasi bagi anda.
Semoga bermanfaat.



al ghifari
Artikel Manfaat Memiliki Niche Bagi Anda dan Blog Anda ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

14 comments

2/11/2013 11:16:00 PM

yang bikin penasaran malah kode itu tu.. :)

2/11/2013 11:16:00 PM

berarti harus punya identitas ya kang blognya... :D

2/12/2013 04:40:00 PM

@Cupit itu sejenis kode komunikasi dengan alien mas, hehe..

2/12/2013 04:42:00 PM

@pondokgue kalau di tambah kalimat "harus" sepertinya tidak juga sih mas, artikel di atas hanya perbandingan manfaat saja, yang memutuskan ya kembali ke masing-masing blogger nya saja.
terima kasih komentarnya.

2/19/2013 02:55:00 AM

ok i get it, sepertinya yang jadi masalah adalah keseriusan dan kurangx pengalaman gua di dunia blogging dan gua harap gua bisa banyak dari senior blogger seperti anda thanx a alot for your post it' s really-really helpful to me

2/19/2013 02:58:00 AM

sorry gua lupa nulis kata "belajar" maksudx gua bisa banyak belajar dari anda dan mereka yg sudah pengalaman dalam dunia blogging.

2/19/2013 12:36:00 PM

@kunio Diablo Selamat datang kembali sahabat Kunio, kita semua tentunya harus tetap selalu belajar.
Terima kasih atas tambahan komentarnya.

2/19/2013 10:41:00 PM

setuju banget. emang bener gan, minimal blog kita jadi semacan branding image. cuma kadang2 masalahnya ya kembali ke ide & faktor emosi jd blog kita agak kebeblasan hehehee. thanks 4 sharing

2/20/2013 08:18:00 AM

@Bangka Belitung Tour Tentu saya pun setuju dengan pendapat anda,hehe..
terima kasih untuk tambahan komentarnya.

3/16/2013 01:03:00 AM

Niche blog itu apa sih?

3/17/2013 01:10:00 AM

@Cerita Anak Niche blog itu bisa diartikan sebagai tema, pokok bahasan, atau topik tertentu yang diangkat oleh blog tersebut.
Terima kasih komentarnya

6/26/2013 11:53:00 AM

Ya sudah saya pilih niche blog saja.. Makasih infonya Sob!

Blog dengan niche menurut aku lebih terlihat profesional

Sebuah blog memang harus memiliki niche yang jelas dan baik.. itu juga sangat berdampak pada jumlah pengunjung yang mengunjungi blog tersebut.. terima kasih tas informasinya

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO