Masih Perlukah Menggunakan Verifikasi Kata ?

Masih perlukah menggunakan verifikasi kata ?
Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart, namanya memang cukup keren untuk benda berukuran kecil ini. Ya, captcha adalah singkatan dari nama tersebut, dikenal juga dengan nama "verifikasi kata".
Beberapa blog yang sempat saya kunjungi saat blog exploring and visiting—karena saya tidak pernah jalan kaki/walking—ternyata masih menggunakan benda kecil menyebalkan tersebut untuk meminimalisir masuknya komentar spam dari artikel mereka. Perlukah? salahkah? mari kita diskusikan bersama.

 Perlukah menggunakan captcha ?


Setiap blogger pastinya menginginkan artikel terbaru yang dia publish ramai dikomentari oleh pengunjung, namun dengan ramainya komentar, tersimpan resiko yang dapat muncul jika di sela-sela komentar tersebut  — dan sering sekali — didapati komentar spam dan atau komentar junk (anda tentunya dapat membedakan antara spam dan junk). Sejatinya, captcha (selanjutnya kita sebut verifikasi kata) digunakan untuk menghalangi robot spammer meninggalkan spam coments di blog kita, namun bukan hanya robot yang merasa kesulitan dengan fasilitas tersebut, bahkan manusia-maksudnya saya-sekalipun merasakan dampak kesulitan tersebut.

captchaDiperparah lagi jika setelah melewati proses verifikasi kata tersebut, komentar yang kita tulis ternyata masih harus melewati proses pemeriksaan intensif di ruang moderasi, sampai di sini, apakah anda merasakan hal yang sama dengan apa yang saya rasakan?

Namun, bukankah tujuannya bagus? bukankah komentar spam akan mengganggu kestabilan posisi blog kita di SERP? jawabannya tentu saja benar sekali, setiap blogger mengetahui hal tersebut, lalu bagaimana cara kita meminimalisir komentar spam yang masuk ke blog kita?  
Dalam metode meminimalisir komentar yang tidak bermanfaat, kita diberikan dua fasilitas oleh Blogger™, yakni verifikasi kata dan moderasi. Jika saya harus memilih, maka saya lebih memilih menggunakan filter moderasi dan meninggalkan verifikasi kata, hal tersebut bertujuan agar pemberi komentar tidak kabur sebelum menyimpan komentarnya, dan komentar bermuatan spam tidak langsung muncul di coment list posting yang kita publish. Namun terkadang fitur moderasi juga akan menurunkan semangat pengunjung untuk memberikan komentarnya di artikel kita yang lain, sekali lagi, apakah anda sependapat dengan saya?

Maka diluar dua pilihan tersebut, saya lebih memilih untuk memberikan kebebasan yang bertanggung jawab dan sedikit mantra pelindung spam pada pengunjung blog saya ini, jika anda percaya pengunjung adalah raja, maka komentar dari pengunjung adalah hadiah sang raja, kenapa harus menolak sebuah hadiah? Bukankah blog kita akan kaya dengan banyaknya hadiah yang masuk? jadi, masih perlukah menggunakan verifikasi kata ?

al ghifari
Artikel Masih Perlukah Menggunakan Verifikasi Kata ? ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

21 comments

1/05/2013 10:29:00 AM

kalo menurut saya gak pentingn tuh :D
bisa bisa para pengunjung pada gak betah karena adanya peripikasi ini >_<

btw, itu gambarnya hahahahaha, verifikasi macam apa itu :D :D

1/05/2013 02:15:00 PM

hehe, satu suara setuju, serasa polling aja nih..

Anonymous
1/06/2013 07:09:00 AM

bener-benet Verifikasi Kata itu buat sulit aja, tulisannya keriting"...

kunjungi balik blog ane gan blogsolu

1/06/2013 07:11:00 AM

nice info,,,

1/06/2013 10:02:00 AM

Paling ga seneng koment yg pakek captcha.

1/06/2013 10:33:00 AM

betul mas Fadiel.
Saya ingin sekali mengunjungi blog anda, tapi blog anda di mana?

1/06/2013 10:37:00 AM

terima kasih atas komentarnya mas.

1/06/2013 10:44:00 AM

komentar anda memperkuat artikel saya Mas Andy, terima kasih atas komentarnya.

1/06/2013 05:36:00 PM

Saya paling seneng blog pake captcha & moderasi... seneng ninggalin blog itu maksudnya :D

Aya nu postingana nembe 2, dimoderasi plus captcha... aduh lieuuuur :)

1/06/2013 06:42:00 PM

hehe.., lami-lami ieu blog di musuhan ku blog nu ngarangge captcha.

Sebenarnya pakai captcha ataupun tidak, semuanya balik lagi ke pertimbangan masing-masing ya kan kang? saya hanya sekedar memberikan opini.

1/06/2013 08:49:00 PM

Menurut saya penting sob, soalnya untuk menghindari spam(betul gk ya hehe), visit back sob.

1/06/2013 09:51:00 PM

Ternyata ada satu suara mendukung captcha,hehe..
menuju blog nya mas Hamidi..

1/06/2013 09:54:00 PM

Menurut saya, blogger lebih aman dari spammer kalau di banding WP. Kalau WP ga pake akismet gaswat.

Satu lagi sob, tadi lupa.. sebenernya istilah blog walking itu bener ga? atau blog exploring and visiting yang bener?

barangkali jadi ide buat postingan selanjutnya... :)

1/06/2013 10:49:00 PM

hehe.., kang Ismet pasti lebih tahu, mungkin jika blog nya membahas otomotif, bisa di ganti dengan blog touring, atau blog diving untuk blog kelautan,hehe..

1/07/2013 05:55:00 PM

bro gua gak tahu spam itu apa? tolong jelasin ya maklum saya baru aja punya blog dan visit back ya gan http://guepunyah.blogspot.com dan jgn lupa post comment ya pasti gua balas

1/07/2013 06:23:00 PM

kalau menurut saya, komentar spam itu pemberian komentar yang berulang-ulang dalam bentuk yang sama dengan tujuan tertentu, biasanya mengajak seseorang untuk mengunjungi sebuah url atau hanya sebuah pesan promosi. Jika komentarnya berbeda di tiap postingan, namun hanya berupa basa-basi ringan, maka komentar tersebut bisa dikategorikan junk mas Yudha, nah kalau untuk saya pribadi, mau junk ataupun spam, yang penting rame,hehe..

Semoga dapat membantu dan mohon koreksi jika saya keliru.

Pasti mas, setiap pemberi komentar di blog saya ini tanpa diminta pun pasti saya kunjungi.
Terima kasih atas komentarnya.

1/08/2013 09:08:00 AM

memusingkan

1/08/2013 09:10:00 AM

mending pake moderasi aja

1/08/2013 06:49:00 PM

ternyata ada kunjungan dari mas Guntara, terima kasih komentarnya mas.

1/11/2013 12:22:00 PM

saya lebih senang tidak menggunakan verifikasi kata karena saya sendiri kesulitan saat ada verifikasi kata di blog orang, beda dengan moderasi yang lebih pada seleksi komentar :)

kita kan hanya kepengen penulis blog membaca komentar kita, mau dipublish atau enggak kembali lagi pada si empunya blog

1/11/2013 04:49:00 PM

gitu ya mbak?
tapi setiap komentar di blog saya ini pasti saya publish kok mbak Hani, tenang aja, hehe..

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO