Tips Optimasi Link dalam Posting Blog

Dalam posting sebelumnya mengenai tutorial membuat tautan atau link, saya telah memberikan cara dasar membuat tautan, karena artikel ini adalah artikel bersusun, bagi anda yang terlewat membaca artikel sebelumnya, akan lebih baik jika anda membaca terlebih dahulu posting saya mengenai cara membuat link ( tautan terbuka di tab baru ).

Panduan Optimasi Link


Mari buka kembali gambar di postingan pertama.


Seperti yang dapat anda lihat, kali ini saya menambahkan penomoran pada menu-menu tersebut. Mari kita diskusikan satu-persatu.

Anchor text


Di post pertama, sudah saya bahas bahwa anchor text adalah kata atau kalimat yang anda jadikan tautan.
Pada gambar di atas, anchor text yang saya gunakan adalah optimasi SEO dasar. Meskipun hanya terdiri dari 3 kalimat atau bahkan kurang, untuk search engine, anchor text mutlak diperlukan dan memiliki pengaruh besar dalam SEO.

Melalui anchor text tersebut, kita menjelaskan bahwa halaman yang dituju saat tautan di buka adalah artikel mengenai optimasi SEO dasar. Hindari dan sangat tidak disarankan untuk menggunakan kalimat "klik di sini", "posting ini", atau "blog ini" sebagai anchor text, karena saya yakin bahwa posting yang anda tautkan tidak membahas mengenai kalimat-kalimat tersebut, kecuali sebaliknya. Lebih bagus menggunakan keyword dari artikel yang anda kaitkan sebagai anchor text dari link yang anda buat.

Open New Window/Tab


Ada beberapa blogger yang melakukan modifikasi pada semua tautan di blog mereka agar terbuka di tab baru, apakah hal ini penting untuk dibahas?
Percaya atau tidak, dari hasil survey di beberapa situs besar, tercatat bahwa rata-rata sekitar 74% responder kurang menyukai tautan yang terbuka di tab baru, sebuah artikel lama yang dapat anda baca di https://managewp.com/should-you-open-links-in-new-windows pun membahas mengenai hal tersebut.
Jika anda klik link tersebut, maka tautan tersebut akan terbuka di tab baru, mengapa? bukankah tautan open new tab kurang disenangi oleh pembaca blog? untuk hal tersebut, saya menggunakan pertimbangan sebagai berikut :
  • Jika saya rasa artikel yang dituju tidak memiliki kaitan materi khusus dengan artikel awal, maka saya tidak menggunakan tab baru.
  • Jika artikel yang dituju adalah materi penunjang dari posting asal, maka saya membukanya di tab baru dengan tujuan memudahkan pembaca kembali ke posting awal setelah memahami tambahan materi di posting tertaut.
  • Jika tautan mengarah ke web atau blog lain, tentu saja saya menggunakan tab baru, anda pun tentunya tak ingin pembaca posting anda cepat-cepat meninggalkan blog anda bukan?
Sampai di sini apakah ada masukan yang bisa anda tambahkan di kotak komentar?

 Rel="nofollow"
Kapan sebaiknya perlu menambahkan centang pada add "rel=nofollow" attribut ?

  • Halaman statis
Untuk halaman seperti about me, term of service, privacy policy, dan sebagainya, sangat disarankan untuk menggunakan rel="nofollow", tambahkan juga atribut nofollow pada halaman yang dapat membahayakan blog anda di SERP, seperti halaman tukar link. Untuk tujuan tersebut, selain tag nofollow, anda dapat memaksimalkan fungsi dari robot txt yang sudah saya bahas di posting cara setting robot.txt

  • Duplicate link
Jika anda membuat dua buah link atau lebih untuk satu halaman yang sama dalam sebuah artikel, pertimbangkan menggunakan tag nofollow pada tautan ke dua dan selanjutnya, meskipun sebenarnya search engine sendiri hanya menghitung dan merayapi tautan pertama.

  • Link affiliasi dan link berbayar.
Tautan menuju situs-situs tersebut sangat tidak disukai oleh Google™, sama seperti tautan menuju situs-situs pornografi. Karena pertimbangan tersebut, gunakan rel=nofollow untuk tautan yang mengarah pada situs-situs tersebut.

  • Blog Lain.
Untuk satu ini mungkin akan lebih baik jika anda yang berpendapat sendiri, perlukah menambahkan tag nofollow pada blog lain ? bagaimana jika anda mengambil artikel dari blog tersebut ? apakah anda akan tetap menggunakan rel="nofollow" untuk post source di blog anda ?

Saya rasa artikel kali ini sudah cukup panjang, dan saya rasa sudah waktunya bagi anda untuk menambahkan materi atau membuka diskusi mengenai topik yang saya bahas kali ini, apakah masih relevan untuk di bahas? apakah anda mempunyai pandangan lain mengenai tips optimasi link dalam postingan blog?
Silahkan gunakan comment form, terima kasih dan semoga bermanfaat.


al ghifari
Artikel Tips Optimasi Link dalam Posting Blog ini 100% bukan hasil copy paste
Dibaca oleh12606 pembaca dari 12727 pengunjung.
Ditulis Oleh
Semua artikel terproteksi DMCA.
Hanya script dan kode tutorial yang boleh di copy paste, dengan menyertakan sumbernya.
Artikel The Art of SEO lainnya bisa anda temukan pada menu related post berikut ;

8 comments

1/19/2013 02:34:00 PM

makasih atas artikelnya...

1/19/2013 04:30:00 PM

kalo link nofollow gak dapat backlink dong ????
kalo gak dapat backlink, terus gunanya link exchange apa ?

1/19/2013 05:21:00 PM

tapi lebih bagus dofollow kan daripada nofollow.

1/19/2013 06:26:00 PM

sama sama mas, semoga bermanfaat.

1/19/2013 06:31:00 PM

Yang saya yakini sebenarnya untuk saat ini google sendiri tidak mementingkan backlink baik untuk penentuan SERP maupun PageRank.
Sedangkan link nofollow yang bisa mendatangkan traffic akan terhitung sebagai link in Alexa.
CMIW

Untuk link exchange? karena kebetulan saya tidak pernah melakukannya, jadi asumsi pribadi mungkin bisa mendekatkan silaturahmi antar blogger, selain mendatangkan traffic juga jika ditempatkan dengan strategis tentunya,hehe..
Terima kasih atas komentarnya.

1/19/2013 06:34:00 PM

maaf, lebih bagus jika seperti apa mas?
untuk halaman statis, label, link affiliasi dan berbayar tentu saja lebih baik nofollow, sedangkan untuk sumber artikel, tergantung bagaimana kita menghargai si penulis asli, tapi saran saya dofollow lebih baik, begitu pula untuk credit link pembuat template yang kita pakai jika kita menggunakan template hasil download.
Di luar hal tersebut, dofollow maupun nofollow tergantung pertimbangan pribadi.

Terima kasih atas komentarnya.

4/28/2013 08:49:00 AM

makasih mas, artikel nya banyak sekali membantu saya, jadi pengen belajar lebih jauh tentang SEO,

oia ini blog saya www.glamestock.blogspot.com
news, tips, info fashion

masih belajar nge-blog, masih banyak yg copy paste dibanding artikel sendiri, hehehe

5/10/2013 01:22:00 PM

terimakasih informasinya...

Post a Comment

Copyright © The Art of SEO

Designed By: the Art of SEO